8 Syarat Makanan yang Sehat untuk Kita Konsumsi

Posted by Unknown on Thursday, July 24, 2014

8 Syarat Makanan yang Sehat untuk Kita Konsumsi - Kebanyakan orang tidak memperhatikan asal usul makanan yang kita konsumsi. Dari segi kebersihan, semua orang telah menyadari bahwa makanan sehat adalah makanan yang bersih. Namun bersih saja tidak cukup. Budaya instan sekarang ini memicu apa yang kita makan mengandung bahan kimia. Bahan kimia tersebut adalah salah satu zat yang membuat makanan walaupun bersih namun kurang baik untuk kita konsumsi.

Memang sekarang ini telah banyak yang menyadari akan hal itu dan kemudian mulai membudayakan makanan alami yang telah terbukti sehat dan aman untuk dikonsumsi, namun sayangnya untuk mendapatkan makanan yang alami kita harus sangat selektif atau kita membuatnya sendiri agar alami.

8 Syarat Makanan yang Sehat untuk Kita Konsumsi

Berikut ini beberapa syarat makanan sehat yang layak kita konsumsi:
  1. Bahan pangan harus alami, yaitu makanan yang tidak mengalami rekayasa genetika atau makanan yang berasal dari alam tanpa campur tangan manusia. Bahan makanan harus bebas dari pencemaran bahan kimia seperti pestisida kimia atau kandungan residu kimianya, misalnya dengan mengupayakan tanaman organik tanpa pupuk kimia dan obat-obatan kimia.
  2. Bahan makanan harus memiliki gizi seimbang, yang mengandung unsur zat yang lengkap, yaitu a) sumber hidrat arang, seperti nasi, jagung, dan umbi-umbian. b) Sumber protein, seperti daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan. c) Sumber mineral, seperti sayur-sayuran. d) Sumber vitamin, seperti buah-buahan.
  3. 60% bahan makanan yang kita dikonsumsi harus segar dan mentah, yaitu untuk mendapatkan makanan yang padat akan gizi dan mengandung banyak serat alami.
  4. Komposisi pH makanan terdiri dari 20% asam dan 80% basa. Tubuh sakit bersifat asam, hal ini dapat terjadi karena makanan yang bersifat asam masuk ke dalam tubuh lebih dari. Sumber makanan yang menghasilkan pH asam dalam tubuh adalah hidrat arang dan protein. Sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang bersifat basa.
  5. Makanan harus bervariasi. Makanan yang dikonsumsi, walaupun berbeda-beda tetapi tetap berkomposisi 4 macam dan kadar gizinya satu sama lain saling melengkapi. Perlunya variasi makanan untuk menghilangkan rasa jenuh atau bosan terhadap salah satu makanan.
  6. Ketepatan jumlah bahan makanan atau asupan yang kita makan. Kelebihan makanan berakibat kegemukan. Kekurangan makanan akan mengakibatkan kekurusan.
  7. Pemanenan, penyimpanan, dan pengolahan makanan harus tepat. Pemanenan, penyimpanan, dan pengolahan makanan harus tepat untuk mendapatkan kualitas makanan yang prima, tidak rusak, dan bergizi tinggi. Pengolahan makanan sebaiknya direbus atau dikukus. Menggoreng makanan hanya akan menyebabkan kolesterol tinggi.
  8. Pertanian organik atau lestari. Untuk mendapatkan makanan yang memenuhi syarat tersebut di atas, bahan makanan harus dihasilakan dari pertanian organik atau lestari yang tidak menggunakan bahan-bahan kimia.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment