Nutrisi Penting untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Posted by Unknown on Saturday, July 12, 2014

Nutrisi Penting untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini - Anak merupakan buah hati yang harus kita jaga kesehatannya, karena masa akan-akan sangat rentan dengan gangguan dan serangan penyakit. Kondisi tubuh yang masih lemah pada anak sangat rawan terserang bibit penyakit yang sangat banyak di lingkungan kita. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan anak, salah satunya adalah dengan memberikan Nutrisi Penting yang dapat Mendukung Tumbuh Kembang Anak dan juga menjaga kesehatannya.

Berikut ini adalah Nutrisi Penting untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak agar terhindar dari penyakit dan juga agar memiliki kekebalan tubuh untuk bisa melawan penyakit:

Nutrisi Penting untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak
  1. Vitamin A. Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata, pertumbuhan tulang, membantu melindungi tubuh dari infeksi, membantu meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan sel dan jaringan tubuh, termasuk rambut, kuku, dan kulit. Vitamin ini antara lain banyak terdapat dalam brokoli, jus tomat, wortel, bayam, dan papaya.
  2. Vitamin C. Vitamin C berfungsi untuk membantu pembentukan dan memperbaiki sel darah merah, tulang, jaringan tubuh, menjaga gusi anak tetap sehat, meminimalisir memar, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjauhkan infeksi. Vitamin C dapat diperoleh antara lain lewat mangga, stroberi, brokoli, dan jambu.
  3. Vitamin D. Vitamin D bermanfaat untuk membantu tubuh menyerap berbagai mineral seperti kalsium, membentuk gigi dan tulang yang kuat, membantu pertumbuhan massa tulang secara maksimal. Vitamin D terdapat pada kuning telur, ikan salmon, dan margarin.
  4. Vitamin E. Vitamin E berguna untuk menjaga kesehatan kulit, mengurangi produksi radikal bebas, penting untuk kekebalan tubuh, memperbaiki DNA, dan proses metabolisme. Makanan yang mengandung vitamin E antara lain kiwi, minyak kedelai, minyak bunga matahari, biji bunga matahari, dan brokoli. 
  5. Kalsium. Kalsium sangat berguna untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat, membantu menyehatkan saraf, menyehatkan fungsi otot, membantu pembekuan darah, dan membantu tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi. Makanan yang mengandung kalsium antara lain yogurt buah atau tawar yang rendah lemak, susu cokelat, dan puding.
  6. Asam lemak esensial (Essential Fatty Acids/EFAs). Asam lemak esensial sangat berguna untuk membentuk sel tubuh, mengatur sistem saraf, menguatkan sistem kardiovaskular, membentuk imunitas, membantu tubuh menyerap nutrisi yang dibutuhkan, menjaga kesehatan fungsi otak, dan penglihatan. Makanan yang mengandung Asam lemak esensial antara lain: kacang kedelai, tofu, selai kacang, dan lain-lain.
  7. Zat Besi. Zat besi sangat bermanfaat untuk membuat hemoglobin dan mioglobin, yaitu pigmen yang menyimpan oksigen di otot. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia, yang pada akhirnya bisa menyebabkan kelelahan, tubuh lemah dan mudah teriritasi. Oatmeal, sereal, kismis, dan bayam merupakan beberapa contoh makanan yang mengandung zat besi.
  8. Magnesium. Fungsi magnesium adalah untuk memelihara tulang agar tetap kuat dan irama detak jantung stabil, membantu sistem kekebalan tubuh, dan membantu memelihara fungsi otot dan saraf. Makanan yang banyak mengandung magnesium antara lain: kacang dan mete panggang, roti gandum utuh, pisang, dan alpukat.
  9. Potasium. Potasium dan sodium berguna untuk mengontrol keseimbangan cairan tubuh, yang membantu menjaga tekanan darah, membantu menjaga fungsi otot dan detak jantung, mengurangi risiko batu ginjal dan osteoporosis. Makanan yang mengandung potasium antara lain: kentang panggang, tomat, jeruk, dan pisang.
  10. Seng. Seng sangat dibutuhkan oleh lebih dari 70 enzim yang membantu pencernaan dan metabolisme, dan penting untuk pertumbuhan. Makanan yang mengandung seng antara lain: susu, dada ayam tanpa kulit, dan keju cheddar atau mozarela.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment