Cara Menurunkan Hipertensi dan Menghambat Peningkatan Gula Darah dengan Biji Mahoni

Posted by Unknown on Sunday, July 6, 2014

Cara Menurunkan Hipertensi dan Menghambat Peningkatan Gula Darah dengan Biji Mahoni - Biji atau buah mahoni memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kita. Biji atau buah mahoni rasanya sangat pahit namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Buha atau biji mahoni mengandung 2 zat penting bagi manusia, yaitu Flafonoid dan Saponin. Kandungan dan manfaat buah atau biji mahoni menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Larry Brookes seorang ahli biokimia dari Amerika di tahun 1990-an adalah:

1. Flafonoid

Flafonoid adalah zat yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran  darah, terutama untuk mencegah tersumbatnya saluran darah, mengurangi  kadar kolesterol dan penimbunan lemak pada pembuluh darah, membantu  mengurangi rasa sakit, pendarahan, dan lebam, serta   antioksidan yang berguna untuk menyingkirkan radikal bebas.

2. Saponin

Saponin adalah zat yang berguna untuk mencegah sampar, mengurangi lemak, membantu  meningkatkan    sistem kekebalan tubuh, memperbaiki tingkat gula darah,  menguatkan fungsi hati, dan  memperlambat  proses pembekuan darah.

Cara Menurunkan Hipertensi dan Menghambat Peningkatan Gula Darah dengan Biji Mahoni

Selain beberapa kandungan zat yang bermanfaat bagi kesehatan di atas, ada hal lain yang menunjukkan bahwa buah mahoni ini yang berguna bagi kesehatan, seperti yang dilakukan di Cina, yaitu sebagai obat tradisional. Buah mahoni memiliki sifat pahit, dingin, antipiretik yaitu berkhasiat sebagai penurun panas, antijamur,  dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Di China, penggunaan buah atau biji mahoni dilakukan dengan cara dikeringkan terlebih dahulu, kemudian digiling halus, hingga menjadi serbuk.

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata buah mahoni masih memiliki banyak khasiat, di antaranya adalah mengatasi hipertensi, gangguan gula darah, kurang nafsu makan, demam,  dan membantu menjaga daya tahan.

Cara pemanfaatannya sangat mudah, namun karena memiliki rasa yang sangat pahit, banyak orang yang enggan. Buah mahoni bisa langsung ditelan atau terlebih dahulu ditumbuk atau dihaluskan menjadi bubuk lalu diseduh dengan air panas.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah bahwa buah atau biji mahoni memiliki kemampuan sebagai astringent (mengeringkan), kemampuan ini dapat  mengendapkan protein selaput lendir usus dan membentuk suatu lapisan  yang melindungi usus, sehingga menghambat asupan glukosa dan laju  peningkatan glukosa darah, hal ini sangat membantu dan berguna untuk menjaga kesehatan.

Efek Samping Buah Mahoni Bagi Kesehatan

Selain manfaat, buah mahoni juga memiliki efek samping bagi kesehatan.

Kandungan flafonoid dan saponin pada buah mahoni, jika penggunaannya berlebihan akan menimbulkan efek samping. Kandungan flafonoid dalam jumlah tertentu   meningkatkan resiko terjadinya kolesterol pada cairan empedu, yang  pada akirnya akan menimbulkan batu, di samping itu juga bertindak sebagai   steroid.

Kandungan saponin, jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus dapat menimbulkan nyeri ulu hati, namun keadaan ini akan berbeda-beda pada setiap orang, karena daya tahan tubuh mereka berbeda-beda pula.

Untuk menjaga kesehatan, sebaiknya pemanfaatan buah atau biji mahoni ini dilakukan dengan hanya 1 buah atau biji saja perhari, dengan cara ditelan langsung atau bisa juga dihaluskan terlebih dahulu kemudian diseduh untuk diminum. Pada sebagian orang, buah mahoni ini dapat menimbulkan efek samping, untuk itu dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya secara terus-menerus.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment